Skripsi
Studi Komparatif Prestasi Belajar Antara Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Atiqoh. 2009. Studi Komparatif Prestasi Belajar Antara Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Team Assited Individualization, Model Konvensional dan Prestasi Belajar
Tinggi rendahnya prestasi yang diperoleh siswa, salah satunya dipengaruhi oleh kurang sesuainya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Pembelajaran ekonomi yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Tegal masih menggunakan metode konvensional. Berangkat dari hasil penelitian tersebut, peneliti berusaha untuk menerapkan metode pembelajaran model Team Assited Individualization. Pembelajaran ini memberikan bimbingan antar teman untuk bekerja sama dalam penguasaan materi. Masalah yang dikaji adalah: Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Tegal dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional? Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pendapatan nasional siswa kelas X SMA Al-Irsyad Tegal.
Dalam penelitian ini dipilih dua kelas secara random sampling, yaitu kelas X.2 sebagai kelompok kontrol yang dikenai pembelajaran secara konvensional, dan kelas X.5 sebagai kelompok eksperimen yang dikenai model pembelajaran Team Assited Individualization.
Pada analisis data dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 3,05 dengan taraf signifikan 5% dan dk 68 diperoleh t tabel sebesar 1,668. Karena t hitung lebih besar dibandingkan t tabel maka terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 72,33 dan kelas kontrol sebesar 69,86.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Assited Individualization lebih efektif dibandingkan penggunaan metode konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi pokok bahasan pendapatan nasional pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Saran dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, untuk model Team Assited Individualization siswa dituntut aktif dan kreatif, serta model pembelajaran Team Assited Individualization dapat dikembangkan sebagai variasi pembelajaran ekonomi.
PE09005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain