Skripsi
Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
NUR ISTIQOMAH. 1305500229 2009. Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-IRSYAD Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA AL-IRSYAD Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Selanjutnya akan dibedakan atau dikomparasikan sebelum dan sesudah adanya penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis sebagai berikut : Penggunaan Mulitmedia Berbasis Komputer Berpengaruh Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Semester 2 SMA AL-IRSYAD TEGAL Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah populasi 140 siswa. Dari populasi sejumlah 140 siswa tersebut diambil sampel secara Cluster Random Sampling sebanyak 35 siswa yang terbagi menjadi 5 kelompok, tipa kelompok terdiri dari 7 siswa pengambilan sampel dengan memakai kelintingan.
Dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh persamaan Y = 5,85 + 0,834X berarti dimana ada kenaikan dan penurunan variabel X maka akan mengkibatkan kenaikan atau penurunan pada variabel Y. Hasil pengujian dari Uji Signifkansi Fhitung diperoleh nilai 20,86 yang lebih besar dari Ftabel senilai 3,28 yang berarti menolak Ho dan menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap motivasi belajar. Dari perhitungan tbeta diperoleh nilai 4,532 dimana ttabel 2,042 atau tbeta>thitung yang berarti dapat diartikan penggunaan multimedia berbasis komputer terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar. Perhitungan analisis koerlasi product moment diperoleh 0,622 dengan jumlah sampel 35, taraf signifikan 5% diperoleh ttabel senilai 0,334 sehingga dapat diartikan terdapat hubungan yang positif antara penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap motivasi belajar. Hasil dari koefisien determinasi pengaruh sumbangan langsung yang berjumlah 38,7%, sedangkan pengaruh sumbangan tidak langsung yaitu sebesar 61,3%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia berbasis komputer berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMA AL-IRSYAD TEGAL tahun pelajaran 2008/2009.
Dinas Pendidikan di harapkan untuk dapat mensosialisasikan dan menggalakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer, Kepala Sekolah di harapkan dapat memotivasi guru untuk mengembangkan daya kreatifitasnya dalam memberikan stimulus kepada siswa dalam proses pengajaran.
PE09006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain