Skripsi
The Effect of Applying Authentic Materials towards the Students Achievement on Reading Comprehension" (The Experimental Study in Eleventh Grade of SMA NU 01 Penawaja Adiwerna in the Academic Year 2008/2009)
LENI NURLATIFAH: Pengaruh penerapan Authentic Material Terhadap Prestasi Siswa Pada Pengajaran Reading Comprehensive. (Sebuah Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas Sebelas di SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Pada Tahun Pelajaran 2008/2009), skipsi program strata 1 Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Authentic Material, Kemampuan Menbaca
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Authentic Material terhadap prestasi belajar siswa pada pengajaran Kemampuan Membaca siswa kelas sebelas selama semester II tahun pelajaran 2008/2009. berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis sebagai berikut: Authentic Material memberikan efek positif terhadap prestasi dalam pengajaran kemampuan membaca. Dengan kata lain siswa yang diajar dengan Authentic Material akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Narrative Text.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA NU 01 Penawaja Adiwerna dengan populasi sebanyak 92 siswa. Penulis menggunakan tehnik pemilihan secara acak untuk memilih sample penelitian, jumlah sample adalah 60 siswa, siswa terdiri dari dua kelompok yakni kelompok eksperimen dengan kelompok pengendali, tiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok Eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan Authentic Material dan kelompok pengendali adalah siswa yang diajar dengan menggunakan Narrative Text. Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 45 menit, jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 5 pilihan A, B, C, D dan E. untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes kemampuan membaca yang dikerjakan oleh sample penelitian semester dua. Analisa penelitian ini dilakukan dengan uji-t. dari hasil analisa menunjukan bahwa t-hitung adalah 5,994 sedang t-tabel adalan 2,042 pada taraf signifikasi 5% jadi t-hitung lebih tinggi daripada t-tabel (5,994>2,042). Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Authentic Material memberikan pengaruh positif terhadap pengajaran kemampuan membaca siswa sebelas SMA NU 01 Penawaja Adiwerna tahun pelajaran 2008/2009.
PBI09010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain