Skripsi
Efektifitas Penggunaan Media Permainan Monopoli terhadap Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Baros 02 Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2008/2009
INTAN FITRIA DESIANA NPM. 1605501273 (2009), "Efektifitas Penggunaan Media Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Study Experiment pada Kelas V SD Negeri Baros 02 Ketanggungan, Brebes Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Permainan monopoli , kemampuan kosakata, siswa
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Efektifitas Penggunaan Media Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri Baros 02 Kelas V Semester II.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut : terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa inggris yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan permainan monopoli dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan permainan monopoli pada siswa kelas V SD Negeri Baros 02 Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Baros 02 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah populasi 60 Siswa. Penulis menggunakan teknik Random Sampling untuk mengambil sampel penelitian sejumlah yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol. Masing - masing kelompok terdiri dari 20 siswa.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes kosakata. Analisa penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk memeperoleh perbedaan rata - rata dari 2 kelompok. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa t-hitung adalah 2,185 sedangkan t-tabel adalah 2,021 pada taraf signifikansi 5% dan derajat Kebebasan 38. Jadi, t-hitung lebih tinggi dari t-tabel.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa inggris yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan permainan monopoli dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan permainan monopoli pada siswa kelas V SD Negeri Baros 02 Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes.
PBI09011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain