Skripsi
Efektivitas Penerapan Teknik Deducing Meaning from Context Terhadap Prestasi Belajar Reading Siswa Kelas VII Semester II SMP N 1 Suradadi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2008 / 2009
ELOK FITRIYANTI. 2009.Efektivitas Penerapan Teknik Deducing Meaning from Context Terhadap Prestasi Belajar Reading Siswa Kelas VII Semester II SMP N 1 Suradadi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2008 / 2009. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, deducing meaning from context
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik deducing meaning from context terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII semester II SMP N 1 Suradadi Kab. Tegal tahun pelajaran 2008 / 2009.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Penerapan teknik deducing meaning from context berpengaruh positif terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII semester II SMP N 1 Suradadi Kab. Tegal tahun pelajaran 2008 / 2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 229 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yang masing - masing kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok pertama diajar dengan menerapkan pengajaran reading menggunakan teknik deducing meaning from context sedangkan kelompok kedua diajarkan dengan tidak menggunakan teknik deducing meaning from context.
Untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes tertulis. Tes tertulis terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan uji t. Dari analisis uji - t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,409, dan dikonsultasikan dengan t tabel sebesar 1,980 maka t hitung lebih besar dari t tabel (3,409 > 1,980), hal ini membuktikan bahwa hipotesis dapat diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik deducing meaning from context berpengaruh positif terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII semester II SMP N 1 Suradadi Kab. Tegal tahun pelajaran 2008 / 2009.
PBI09012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain