2,663), Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode terjemahan mempunyai penguasaan kosakata bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode TPR (Total Physical Response)." />
Skripsi
Efektifitas Metode Terjemahan Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII
LENI SETYOWATI. 2009. Efektifitas Metode Terjemahan dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII SMP N 2 Jatinegara Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Metode terjemahan dan pembelajaran kosakata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai metode terjemahan dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa SMP Kelas VIII.
Berdasarkan landasan teori, hipotesis penelitian ini adalah "metode terjemahan berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa SMP".
Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Jatinegara Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 90 siswa. Dari 90 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 30 siswa yang diajar dengan menggunakan metode terjemahan, dan kelompok 2 sebagai kelompok control terdiri dari 30 siswa yang diajar dengan menggunakan metode TPR (Total Physical Response).
Instrumen yang digunakan adalah tes bahasa Inggris. Tes tersebut berbentuk multiple choice dengan empat pilihan jawaban.
Penelitian ini menggunakan teknik analisa data uji-t dengan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 58 hasilnya adalah t-hitung 3,3041 dan t-tabel 2,663. Hipotesis ini diterima karena t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (3,3041 > 2,663),
Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode terjemahan mempunyai penguasaan kosakata bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode TPR (Total Physical Response).
PBI09013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain