Skripsi
Hubungan Praktek Penjualan Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjualan Pada Siswa Kelas 3 Program Keahlian Penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008
ZULFA FUADI, 2009, Hubungan Praktik Penjualan Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjualan Pada Siswa Kelas 3 Program Keahlian Penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008.
Kata Kunci : Belajar Praktik, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai hubungan praktik penjualan dengan prestasi belajar mata pelajaran penjualan yang dilaksanakan oleh siswa dengan bimbingan guru untuk memperoleh kompetensi dan keterampilan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengelolaan datanya, dan ditunjang dengan studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan. Populasi data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Program Keahlian Penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008 dengan sampel sejumlah 100 siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara praktik penjulan dengan prestasi belajar mata pelajaran penjualan pada siswa kelas 3 Program Keahlian Penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008.
Hasil r ( korelasi r ) yang diperoleh melalui rumus korelasi product moment sebesar 0,20 lebih besar dari r dengan N=100 taraf kepercayaan 95% diperoleh r = 0,195 sehingga dengan demikia r > r (0,20 > 0,195). Karena r lebih besar dari r , maka berarti bahwa Hipotesis (Ha) yang mengemukakan adanya hubungan yang signifikan antara praktik penjualan dengan prestasi belajar mata pelajaran penjualan pada siswa kelas 3 Program Keahlian Penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008 secara empiris terbukti kebenarannya.
Kesimpulannya adalah bahwa ada hubungan yang positif antara belajar praktik penjualan dengan prestasi belajar mata pelajaran penjualan pada siswa kelas 3 program keahlian penjualan di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008. Dengan demikian prestasi belajar mata pelajaran penjualan memiliki hubungan dalam peningkatkan kemampuan praktik penjualan.
Dari kesimpulan tersebut, maka disarankan supaya siswa lebih meningkatkan prestasi belajarnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan praktiknya disamping itu agar supaya penempatan siswa sesuai dengan unsur keahlian dan kejuruan yang dimiliki siswa sesuai dengan jurusannya, sehingga hasil praktik lebih optimal dan akan tercipta link and macth antara dunia pendidikan dan dunia kerja.
PE09008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain