rtabel dengan N = 30 taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,361 sehingga rhitung > r tabel (0,846 > 0,361). Karena rhitung > r tabel, maka Hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan 'Ada hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009', diterima dan terbukti secara empiris kebenarannya." />
Skripsi
Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Status Sosial Orang Tua ( Penelitian Korelasional Di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009)
Subiyati/1207500696'. Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Status Sosial Orang Tua ( Penelitian Korelasional Di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009)"Skripsi. Program Studi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UPS Tegal. Pembimbing I: Drs. Yanuarto, SE, MM, SH, M.H., Pembimbing II.Dra. Mursyidah DH, SH, MH.
Kata Kunci : Motivasi belajar dan Status social.
Motivasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah baik artinya para siswa memiliki dorongan dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat melakukan (berbuat) segala sesesuatunya yang berkaitan dengan belajar. Adapun status sosial orang tua siswa khususnya orang tua siswa SMP Muhammadiyah Kramat walaupun variatif artinya memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, pekerjaan yang berbeda mulai dari pedagang, buruh, petani, serta pegawai negeri, tingkat penghasilan yang berbeda-beda, namun secara umum memiliki dukungan yang kuat terhadap anak-anaknya dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
Rumusan masalah penelitian adalah "Apakah ada hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009?. Tujuan penelitian. untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Metode penelitian menggunakan pendekatan korelasional, alat pengumpul data adalah kuesioner yang mengungkap motivasi belajar dan status sosial Jumlah sampel 30 siswa, adapun analisis data menggunakan korelasi product moment
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hubungan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua ternyata sangat kuat. Hal ini diketahui dari hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.846 apabila diinterpretasikan dengan interval koefisien korelasi, maka nilai r xy = 0.846 terletak pada interval koefisien 0,800-1,00 yang menunjukkan adanya tingkat hubungan yang sangat kuat/ sangat erat. Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.846 ternyata > rtabel dengan N = 30 taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,361 sehingga rhitung > r tabel (0,846 > 0,361). Karena rhitung > r tabel, maka Hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan 'Ada hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua di SMP Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009', diterima dan terbukti secara empiris kebenarannya.
PPKN09002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain