ttabel 5% sebesar 1,668 , yang berarti terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelas yang menggunakan Metode Quantum Learning (rata-rata nilai 72,28) dan kelas yang tidak menggunakan metode Quantum Learning (rata-rata nilai 69,86). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Quantum Learning untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah kriteria baik. Saran dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan prestasi belajar." />
Skripsi
Implementasi Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009
IENDI ASTIKA, 2009, Skripsi. Implementasi Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI Di SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Quantum Learning , prestasi belajar
Permasalah dalam penelitian ini adalah " Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran IPS dengan mengimplementasikan metode Quantum Learning di SMK PGRI Kota Tegal?" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran IPS siswa kelas XI di SMK PGRI Kota Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang berbunyi : Adakah peningkatan Prestasi belajar IPS pada Implementasi Metode Quantum Learning siswa kelas XI di SMK PGRI Kota Tegal.
Dalam penelitian ini dipilih sampel secara random sampling, yaitu XI Administrasi Perkantoran 2 yang menggunakan metode Quantum Learning dan kelas Administrasi Perkantoran 1 yang tidak menggunakan metode Quantum Learning.
Dari hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung sebesar 2,12 > ttabel 5% sebesar 1,668 , yang berarti terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelas yang menggunakan Metode Quantum Learning (rata-rata nilai 72,28) dan kelas yang tidak menggunakan metode Quantum Learning (rata-rata nilai 69,86).
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Quantum Learning untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah kriteria baik. Saran dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan prestasi belajar.
PE09011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain