1,725 ). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar diantara siswa yang diajar menggunakan metode Quantum Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan metode CTL. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dalam penerapan metode Quantum Teaching terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMP PIUS Tegal kelas 1, Tahun Pelajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis ingin menyampaikan saran bagi guru Bahasa Inggris untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar melalui berbagai macam metode. Quantum Teaching adalah sebuah metode pembelajaran yang segar dan dinamis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Bahasa Inggris." />
Skripsi
The Effects of the Application of Quantum Teaching Method toward the English Achievement of the First Grade Students of SMP. ( An Experimental Study in SMP PIUS Tegal in The Academic Year of 2008/2009 )
INDRA SARTIKA : "The Effects of the Application of Quantum Teaching Method toward the English Achievement of the First Grade Students of SMP.
( An Experimental Study in SMP PIUS Tegal in The Academic Year of 2008/2009 )". Skripsi Strata - 1, Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Quantum Teaching, Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dalam penerapan metode Quantum Teaching terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMP PIUS Tegal kelas 1, Tahun Pelajaran 2008/2009 Berdasarkan teori yang ada pada landasan teori, maka hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dalam penerapan metode Quantum Teaching terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMP PIUS kelas 1, Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP PIUS Tegal kelas 1 yang berjumlah 132 siswa, sampel dari penelitian ini adalah 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 20 siswa. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan menggunakan tes Bahasa Inggris secara umum yang dipergunakan sebagai instrumen penelitian.
Untuk menganalisa data, penulis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,5 % dengan derajat kebebasan 38 hasilnya adalah 2,209 dan t-tabel 1,725. Hipotesis ini diterima karena hasil t-hitung lebih besar daripada t-tabel (2,209 > 1,725 ).
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar diantara siswa yang diajar menggunakan metode Quantum Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan metode CTL. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dalam penerapan metode Quantum Teaching terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SMP PIUS Tegal kelas 1, Tahun Pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis ingin menyampaikan saran bagi guru Bahasa Inggris untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar melalui berbagai macam metode. Quantum Teaching adalah sebuah metode pembelajaran yang segar dan dinamis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Bahasa Inggris.
PBI09014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain