Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2008/2009
UMI ROKHAYU. 2009. NPM: 1705500793. "Efektivitas Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Kontekstual, Hasil Belajar, Sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika dan sikap siswa, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2008 /2009 sebanyak 152 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XI IPA3 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE -WAY). Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensioal terhadap hasil belajar dan sikap siswa pada pokok bahasan Limit Fungsi siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2008 /2009, serta penggunaan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) lebih efektif terhadap hasil belajar matematika dan sikap siswa dari pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Limit Fungsi siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 kramat Tahun Pelajaran 2008 / 2009.
PMTK09008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain