Skripsi
Pemberian Tambahan Jam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009 Pada Materi Pokok Kubus, Balok, Prisma Tegak, dan Limas di SMP Dharma Bhakti Slawi
RAKHMAT, 2009. NPM : 1707501212. Pemberian Tambahan Jam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009 Pada Materi Pokok Kubus, Balok, Prisma Tegak, dan Limas di SMP Dharma Bhakti Slawi.
Kata Kunci : Tambahan Jam Pembelajaran, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tambahan jam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII pada materi pokok kubus, balok, prisma tegak, dan limas.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas mengenai pemberian tambahan jam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengamati proses tindakan, dokumentasi untuk mengumpulkan data prasiklus, dan soal tes matematika untuk mengetahui hasil dari proses tindakan berupa prestasi belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan prestasi belajar matematika siswa baik antar siklus maupun dengan indikator kinerja, dimana indikator kinerja yang dimaksud yaitu siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah sebesar 95 % dari seluruh siswanya.
Hasil perbaikan pembelajaran siklus I mata pelajaran matematika berdasarkan KKM yang ditentukan sebesar 60, maka pada tahap siklus I pemberian tambahan jam pembelajaran, siswa yang berhasil mencapai KKM adalah sejumlah 37 siswa atau 68,52 % dengan nilai rata-rata sebesar 68,96. Atas hal tersebut maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II. Sedangkan pada hasil perbaikan pembelajaran siklus II, ternyata ketuntasan belajar sudah tercapai. Berdasarkan KKM yang ditentukan sebesar 60, maka pada tahap siklus II pemberian tambahan jam pembelajaran, siswa yang berhasil mencapai KKM adalah sejumlah 52 siswa atau 96,30 % dengan nilai rata-rata sebesar 78,28. Dengan demikian maka tidak perlu dilakukan tindakan lanjutan.
PMTK09010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain