Skripsi
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009
NUSANTRIA FAUZIYAH, RIZQI. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pengaruh EQ terhadap Kecerdasan Hasil Belajar Siswa
Menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randu Dongkal Pemalang.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah suatu kecakapan dari kegiatan belajar bidang akademik di sekolah pada jangka waktu tertentu. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah Hipotesis alternatif (Ha) : "Ada pengaruh antara kecerdasan emosional dengan Prestasi belajar" dan Hipotesis nihil (Ho) adalah Tidak ada pengaruh antara kecerdasan emosional dengan Prestasi belajar.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randu Dongkal Pemalang yang seluruhnya berjumlah 240 orang. Sampel penelitian adalah 40 siswa, menggunakan metode proporsional random sampling. Kuisioner kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai rapor semester I.
Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson pada skala kecerdasan emosional berkisar antara 0,320-0,720 dan p berkisar antara 0,000 - 0,008. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 maka diperoleh 5 item gugur dan 25 item valid dari 30 item item yang ada pada skala kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,920dihitung dengan rumus Alpha Cronbach.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar korelasi (rxy) sebesar 0,248 dengan p = 0.002 < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ada Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Randu Dongkal Pemalang dengan pengaruh 85,7%.
BK09004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain