2,390). Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan metode simulasi memperoleh prestasi belajar reading yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode latihan (drill). Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran simulasi lebih efektif dan memberikan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar reading siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi." />
Skripsi
Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap Prestasi Belajar Reading Siswa Kelas VIII" (Suatu penelitian Eksperimental di Kelas VIII SMP Negeri I Slawi Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009
RATNA ISYUNI HADI KUNTARI. 2009. " Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap Prestasi Belajar Reading Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi "Suatu penelitian Eksperimental di Kelas VIII SMP Negeri I Slawi Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Tegal. Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal 2009.
Kata Kunci : Pengaruh , Metode Pengajaran, Simulasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran simulasi yang signifikan terhadap prestasi belajar reading siswa SMP kelas VIII.
Berdasarkan teori - teori belajar dan teori tentang pengajaran bahasa, maka hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Ada perbedaan prestasi belajar reading yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode simulasi dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode latihan (drill),
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H SMP Negeri I Slawi yang berjumlah 320 siswa. Pada penelitian ini, sampel berjumlah 60 siswa yang di ambil secara acak, kemudian sampel di bagi menjadi dua kelompok, 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan metode simulasi dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode latihan (drill).
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes reading dalam bentuk multiple choice sebanyak 30 item dengan empat pilihan jawaban.
Analisa data ini diperoleh dengan menggunakan uji-t, hasil perhitungannya sebesar 2,481 dan setelah dikonsultasikan ke tabel t dengan taraf signifikansi 1% diperoleh t¬¬tabel sebesar 2,390, berarti thitung lebih besar dari ttabel (2,481 > 2,390).
Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan metode simulasi memperoleh prestasi belajar reading yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode latihan (drill). Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran simulasi lebih efektif dan memberikan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar reading siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi.
PBI09015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain