Skripsi
Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris MTs. Daarul Istiqomah Kelas VII (Suatu Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs. Daarul Istiqomah Curug Tahun Pelajaran 2008/2009)
NURKHAYATI, ETY. "Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris MTs. Daarul Istiqomah Kelas VII (Suatu Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs. Daarul Istiqomah Curug Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Penguasaan, media gambar, penguasaan kosakata
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar pada kelas VII semester 2 MTs. Daarul Istiqomah Curug.
Berdasarkan pada landasan teori, rumusan hipotesis ini adalah "ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan belajar kosakata antara siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar pada kelas VII semester 2 MTs. Daarul Istiqomah Curug.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Daarul Istiqomah Curug, tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah populasi 124 siswa, yang terbagi dalam empat kelas.
Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil secara acak dari populasi dengan cluster random sampling. Sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (siswa yang diajar dengan media gambar) dan kelompok kontrol (siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar) dan setiap kelompok berjumlah 30 siswa. Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen, penulis menguji instrumen terlebih dahulu dengan memberikan tes kepada 20 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini.
Analisa data untuk penelitian menggunakan rumus uji-t yaitu ada tidaknya perbedaan hasil yang signifikan di antara kedua metode. Dari hasil penelitian dengan menggunakan rumus Uji-t. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penguasaan kosakta (vocabulary) siswa yang diajar menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris di kelas VII MTs. Daarul Istiqomah dibuktikan pada perhitungan hasil dari t-hitung 2,243 sedangkan t-tabel 2,000 (t-hitung lebih besar dari pada t-tabel).
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan belajar kosakata siswa antara pengajaran kosakata yang menggunakan media gambar dengan siswa yang tidak menggunakan media gambar pada siswa kelas VII semester II MTs. Daarul Istiqomah Curug tahun ajaran 2008/2009.
PBI09016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain