Skripsi
Pembelajaran Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smp Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009
Amin Astanto /1207500682 " Pembelajaran Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009" Skripsi. Program Studi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UPS Tegal. Pembimbing I:Drs.Subiyanto, M.Pd,II.Dra.Mursyidah DH, SH,MH.
Kata Kunci : Pemeblajaran Tuntas, Prestasi Belajar.
Pelaksanaan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Siswa Kelas VIIb SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008-2009dapat menignkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Hak Azasi Manusia dengan sub pokok bahasan (a) menganalisis kasus pelanggaran hak azasi manusia di Indonesia, (b) menghargai upaya perlindungan hak asasi manusia (c) menghargai upaya penegakkan hak asasi manusia dan (d) dukungan masyarakat dalam upaya penegakkan hak asasi manusia.
Rumusan masalah penelitian Apakah pelaksanaan pembelajaran tuntas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PKn di SMP AL-Irsyad Al-Islamiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009?. Tujuan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran tuntas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PKn di SMP AL-Irsyad Al-Islamiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Metode penetian yagn digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan dua Siklus yang amsing-masing siklus terdiri (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian pada siklus 1 berdasarkan hasil tes, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 81,25% dengan nilai rata-rata 68.59. Pada Siklus 2 ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 96,88% dengan nilai rata-rata 76,25. Sedangkan hasil penilaian afektif dan psikomotorik pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9%. Dan Siklus 2 meningkat menjadi 87,8%
Aktivitas Siswa dalam pembelajaran tuntas (mastery Learning) pada siklus 1 skore yang diperoleh adalah sebesar 17 dengan katagori baik. Dalam kegitan menyampaikan hasil belajar, serta menyimpulkan hasil pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, sedangkan aktivitas menjawab pertanyaan dalam kategori kurang. Kekurangan yagn ada pada siklus 1 diperbaiki adlam siklus 2. Perolehan skore aktivitas pada siklus 2 meningkat menjadi 19 dengan katagori mat baik. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada pokok bahasan Hak Asasi manusia melalui plaksanaan pembelajaran tuntas adalah adalah langkah sistematis melaupti (a) tes prasyarat dan tindak lanjut setelah tes prasarat, (b) pengayaan setelah tes prasyarat, (c) pentutoran setelah tes prasyarat, (d) program perbaikan setelah tes prasyarat, (e) tes formatif dan tindak lanjut setelah tes formatif (f) pengayaan setelah tes formatif , (g) pentutoran setelah tes formatif, (h) program perbaikan setelah tes formatif.
Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan tuntas pada mata pelajaran Pknpokok bahasan Hak asasi manusia, antara lain (a) cakupan materi sangat luas sehingga butuh waktu beljar tatap muka yang relatif banyak (b) keterbatasn bahan ajar (kurang tersedianya buku penunjang lain yang mendukung buku paket sekolah.
PPKN09003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain