Skripsi
Efektivitas Pengajaran Bahasa Kiasan pada Kumpulan Puisi Karya William Blake dalam Meningkatkan Kemampuan Reading Bahasa Inggris siswa SMA kelas X
DAHLIAH.2009. Efektivitas Pengajaran Bahasa Kiasan pada Kumpulan Puisi Karya William Blake dalam Meningkatkan Kemampuan Reading Bahasa Inggris siswa SMA kelas X. Suatu penelitian eksperimental di SMA N 1 Kramat tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi program studi pendidikan bahasa inggris, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Rofiudin, M.Hum, pembimbing II: H. Sumartono, SPd.
Kata kunci: Study Komparatif, pengajaran bahasa kiasan, kemampuan membaca bahasa Inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan prestasi membaca bahasa Inggris siswa kelas X SMAN 1 Kramat tahun ajaran 2008/2009, antara kelompok siswa yang diajar dengan bahasa kiasan dan yang diajar tanpa menggunakan bahasa kiasan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kramat Kabupaten Tegal yang sejumlah 360 siswa sedangkan dalam penelitian ini penulis mengambil sample sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok I (kelompok eksperimental) adalah kelompok yang diajar dengan bahasa kiasan puisi karya William Blake. Sedangkan kelompok II (kelompok kontrol) adalah kelompok yang diajar tanpa bahasa kiasan.
Data penelitian ini diambil dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Analisis data penelitian ini adalah tes yang menggunakan t-tes untuk membedakan rata-rata kelompok. Rata-rata kelompok eksperimental adalah 6,67 dan rata-rata kelompok control adalah 5,9, dan hasil t-hitung adalah 3,66 dan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) 58 adalah 2,663. Dengan demikian diketahui t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,66> 2,663).
Simpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi membaca bahasa Inggris yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan bahasa kiasan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahasa kiasan.
PBI09018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain