Skripsi
Efektivitas pemberian Tambahan jam pelajaran setelah pelajaran usai dalam proses pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa SD kelas V" (Suatu penelitian Eksperimental pada siswa SD Negeri Dumeling 01 dan SD Negeri Kupu 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes
RATNA WIJAYANTI: "Studi Komparatif Hasil Belajar Bahasa Inggris antara Siswa lulusan Sekolah Dasar dengan Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah Pada Siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Timur" (Suatu Penelitian di SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Timur Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi Sarjana 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Komparatif, SD & MI, Hasil Belajar Bahasa Inggris
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perbandingan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa lulusan Sekolah Dasar dengan Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Timur Tahun Ajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: "Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa lulusan Sekolah Dasar dengan siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dalam prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Timur."
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Timur yang mencakup tiga sekolah. Sampel terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 30 siswa yang berasal dari lulusan SD dan kelompok kedua terdiri dari 30 siswa yang berasal dari lulusan MI.
Peneliti menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes membutuhkan waktu 90 menit untuk mengerjakannya. Tipe tes berupa pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk mengetahui keabsahan dari tes, peneliti sebelumnya memberikan tes kepada 30 siswa yang bukan merupakan kelompok sampel yang mempunyai kesamaan karakteristik.
Analisa data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan uji-t, untuk menentukan perbedaan nilai mean dari dua kelompok. Maka dari hitungan yang diperoleh t-hitung sebesar 2,083.setelah dikonsultasikan ke dalam t-tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,042. Maka dapat diperoleh t-hitung lebih besar dari pada t-tabel dengan demikian Ho ditolak Hi diterima.
Jadi dpat diambil kesimpulan bahwa asal sekolah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negri se--Kecamatan Tegal Timur.
PBI09019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain