Skripsi
Hubungan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N I Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
Heri Kurniawan. 2009. Hubungan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N I Bulakamba Kabupaten BrebesTahun Pelajaran 2008/2009. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Intensitas Belajar, Prestasi Belajar, IPS Ekonomi
Konsistensi keberhasilan belajar IPS ekonomi di sekolah, diduga ada kaitannya dengan usaha/kegiatan yang harus dilakukan. Diantaranya adalah dengan meningkatkan intensitas belajarnya. Intensitas belajar merupakan usaha yang dilakukan oleh siswa agar memperoleh prestasi atau hasil yang memuaskan.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah intensitas belajar memiliki hubungan terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Bulakamba tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Terdapat hubungan yang positif antara intensitas belajar dengan prestasi belajar IPS Ekonomi.
Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah populasi 193 siswa. Dari 193 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 30 siswa. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan dari analisis r hitung = 0.453 dimana r tabel dengan derajat kebebasan N = 30 taraf signifikan 5% diperoleh r tabel = 0.361, sehingga dengan demikian r hitung > r tabel atau 0,453 > 0,361. Oleh karena itu Hipotesis (Ha) "terdapat hubungan yang positif antara Intensitas belajar dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi di SMP N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009", diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa intensitas belajar dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penguasaan materi yang diterima. Jika siswa semakin sering belajar, atau meningkatkan intensitas belajarnya maka secara tidak langsung dapat menunjang kemampuannya dalam meningkatkan keberhasilan belajar atau meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam pelajaran IPS Ekonomi.
Saran yang merujuk hasil penelitian diharapkan siswa dapat meningkatkan intensitas belajar IPS Ekonomi, baik yang dilakukan di sekolah maupun di rumah dalam mencapai prestasi belajarnya secara optimal. Pada sekolah sekiranya memberikan kesempatan kepada siswa dengan memberikan sarana dan prasarana belajar sehingga siswa dapat termotivasi dan semangat dalam belajar.
PE09012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain