1,645 ). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada prestasi siswa antara yang diajar dengan Pocket card terhadap pengajaran vocabulary. Penulis menyimpulkan bahwa : " penggunaan pocket card memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas IV semester II SD Negeri Slawi Kulon 06 Tahun Pelajaran 2008 / 2009." />
Skripsi
Efektivitas Penggunaan Media Pocket Card dalam Proses Belajar mengajar Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
HAPSARI,PRIMA YUNITA. : "Efektivitas Penggunaan Media Pocket Card dalam Proses Belajar Mengajar Vocabulary Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar" Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Slawi Kulon 06 Pada Tahun Pelajaran 2008 / 2009. (2009) Skripsi, Tegal , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Pengajaran Vocabulary, Pocket Card, Siswa kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Pocket Card berpengaruh positif terhadup penguasaan vocabulary siswa kelas IV semester II SD Negeri Slawi Kulon 06 Tahun ajaran 2008 / 2009.
Berdasarkan pada landasan teori dan kerangka berfikir, hypothesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : "Penggunaan Pocket Card berpengaruh positif terhadap pengajaran vocabulary"
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekecamatan Slawi dengan jumlah siswa 1.198. Penulis menggunakan teknik Cluster random sampling untuk memilih sample penelitian. Jumlah sample penelitian adalah 60 siswa. Sample terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok ekperimen yaitu kelompok siswa yang diberi media pocket card dalam pengajaran vocabulary sedangkan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diberi media lagu dalam pengajaran vocabulary.
Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan 45 menit . Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A,B,C dan D. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument penelitian, penulis mengujicobakan instrument dengan memberikan tes yang sama kepada 30 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sample penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil uji coba yang dikerjakan oleh sample penelitian. Analisa data penelitian dirumuskan dalam rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh t- hitung sebesar 2,822 dengan derajat kebebasan ( 58 ) pada taraf signifikan 5 % diperoleh t tabel sebesar 1,645. Dengan demikian maka t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,822 > 1,645 ). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada prestasi siswa antara yang diajar dengan Pocket card terhadap pengajaran vocabulary.
Penulis menyimpulkan bahwa : " penggunaan pocket card memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas IV semester II SD Negeri Slawi Kulon 06 Tahun Pelajaran 2008 / 2009.
PBI09020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain