Skripsi
PENGARUH KELENGKAPAN BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. PRIMA CELLULAR DI KABUPATEN BREBES
RIZKI AMAR SETIAWAN. SKRIPSI. PENGARUH KELENGKAPAN BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. PRIMA CELLULAR DI KABUPATEN BREBES. DOSEN PEMBIMBING I : M. FAQIHUDIN, SE. DAN DOSEN PEMBIMBING II : SUMARNO, SE. PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL, 2009.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kelengkapan barang terhadap kepuasan konsumen pada UD. Prima Cellular yang ada di Kabupaten Brebes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan barang terhadap kepuasan konsumen pada UD. Prima Cellular yang ada di Kabupaten Brebes. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah diduga kelengkapan barang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada UD. Prima Cellular di kabupaten Brebes.
Pengambilan sampel disini sebanyak 100 orang, dari seluruh populasi yang ada. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan secara Acidental Sampling yaitu tekhnik penentuan sampling berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan cocok sebagai sumber data. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan cara kuesioner, interview dan Library research. Metode analisis yang digunakan adalah koefisien regresi, uji ?, koefisien korelasi product moment, uji ? dan koefisien determinasi.
Terdapat pengaruh yang kuat antara kelengkapan barang terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh r sebesar 0,76 yang berarti bahwa kelengkapan barang dengan kepuasan konsumen mempunyai hubungan yang positif dan kuat. Dengan ? = 5% uji signifikasi koefisien korelasi menghasilkan bahwa hubungan tersebut signifikan karena thitung > ttabel (11>1,9845). Dan hasil dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 58% yang artinya besarnya kepuasan konsumen disekitar rata-ratanya 58% dijelaskan oleh hubungan antara keengkapan barang dengan kepuasan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 42% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti pelayanan, kualitas produk dan lain-lain.
Dari hasil analisis berdasarkan sampel yang dilakukan pada 100 orang dari konsumen UD. Prima Cellular Kabupaten Brebes, maka diperoleh perhitungan dengan menggunakan regresi diperoleh persamaan Y = 17,13 + 0,39x, dengan demikian persamaan tersebut mengandung arti kelengkapan barang berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji signifikasi koefisien regresi pada ? = 0,05 diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (2,17 > 1,9845) yang berarti ditolak H0.
MP09018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain