Skripsi
Pengaruh Penggunaan Natural Approach Terhadap Kemampuan Vocabulary dalam Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Diah Utami Zen, Pengaruh Penggunaan Natural Approach terhadap Kemampuan Vocabulary dalam Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Srata I (S1) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penggunaan Natural Approach, kemampuan Vocabulary, belajar bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan vocabulary dengan menggunakan Natural Approach efektif untuk siswa kelas V MI Islamiyah Pasarbatang Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009
Berdasarkan landasan teori, maka hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : pengajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan kosakata dengan menggunakan Natural Approach lebih efektif dari pada menggunakan pendekatan komunikatif.
Populasi ini adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah pasarbatang Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009 berjumlah 40 Siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sampel penelitian yang berjumlah 30 siswa. Penulis menggunakan rancangan penelitian satu kelompok sampel (one design group).
Penulis menggunakan tes vocabulary sebagai instrumen penelitian. Tes berjumlah 30 soal dan membutuhkan waktu 90 menit. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan 4 options jawaban yaitu, A, B, C dan D. untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, penulis menguji cobakan instrumen dengan memberikan tes yang sama pada 10 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes vocabulary yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t . dari perhitungan t hitung sebesar 3,205 dan setelah dikonsultasikan ke t-tabel dengan derajat kebebasan (dk) 58 pada taraf signifikasikan 5 % harga t-tabel adalah 2,021. perbandingan tersebut membuktikan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,205 > 2,021 ).
Dari perhitungan tersebut terdapat perbedaan yang signifikasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan Natural Approach dengan siswa yang diajar dengan pendekatan komunikatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan vocabulary dengan menggunakan Natural Approach akan memperoleh penguasaan vocabulary yang lebih baik dibandingkan siswa yang di ajar dengan menggunakan pendekatan komunikatif.
PBI09021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain