Skripsi
Efektifitas Pembelajaran Model Cooperative Learning type STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persaman Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
AKHIRIANTO, ADITYAS 2009" Efektifitas Pembelajaran Model Cooperative Learning type STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning type STAD, prestasi belajar, model konvensional, sistem persamaan linear dua variabel, uji-t.
Dalam pembelajaran, ada satu hal yang menjadi tuntutan dalam proses belajar mengajar matematika yaitu pengajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dengan baik.Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, memerlukan model pembelajaran yang efektif agar dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik . Penulis memilih memilih model Cooperative Learning type STAD untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model Cooperative Learning type STAD terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII semester I SMP N 11 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I yang berjumlah 188 siswa. Sampel sebanyak 72 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas adalah model Cooperative Learning type STAD dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Data dalam penelitian ini meliputi hasil ujian tengah semester I ,data tes prestasi belajar dan data observasi. Analisis data tes prestasi dengan menggunakan uji-t dan pengolahan data observasi mengacu pada kriteria penilaian.
Berdasarkan hasil analisis data denagan taraf signifikasi 5% dan hasil uji hipotesis dengan daerah kriteria apabila thitung ? ttabel maka Ho ditolak sehingga Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Cooperative Learning type STAD lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Dalam usaha meningkatkan hasil prestasi belajar matematika diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih efektif, salah satunya model Cooperative Learning type STAD, agar bisa mencapai prestasi yang lebih baik.
PMTK09013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain