Skripsi
Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Kelompok Belajar Berbasis E-Learning Dengan Diskusi Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP N 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
REVANA DANI SUSANTO, 2009 "Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Kelompok Belajar Berbasis E-Learning Dengan Diskusi Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP N 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009".
Kata Kunci : E-Learning , Diskusi, Ekspositori, Matematika
Ada beberapa hal yang menjadi tuntutan dalam proses belajar mengajar matematika diantaranya yaitu pengajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran dengan baik. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, memerlukan cara pembelajaran yang efektif atau tepat guna, agar dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui efektifitas strategi kelompok belajar berbasis e-Learning menggunakan diskusi terhadap hasil prestasi matematika siswa pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa kelas VIII semester I SMP N 11 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009, berjumlah 188 siswa, terbagi menjadi 5 kelas. Dalam penelitian ini variable bebasnya adalah kelompok belajar berbasis e-Learning dengan diskusi dan variable terikatnya adalah prestasi belajar matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Data dalam penelitian ini meliputi ujian tengah semester I dan data tes prestasi belajar matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan data analisis tes prestasi dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi kelompok belajar berbasis e-Learning menggunakan diskusi lebih tinggi dari pada siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori, hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa atau dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi kelompok belajar berbasis e-Learning menggunakan diskusi lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun pelajaran 2008/2009,
PMTK09014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain