rtabel = 0,312). Sedangkan besarnya sumbangan (konstribusi) pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap tingkat perkembangan emosi siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal adalah rxy 0,7692 x 100 % = 59,14 % sedangkan sisanya sebesar 40,86% seperti pelaksanaan bimbingan pribadi, pelaksanaan konseling kelompok dan lainnya" />
Skripsi
Studi Terhadap Peningkatan Perkembangan Emosi Remaja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Negeri 2 Tegal (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas VIII Tahun pelajaran 2009/2010)
SRI HASTUTI, NPM. 1107500767, Judul Skripsi : Studi Terhadap Peningkatan Perkembangan Emosi Remaja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Negeri 2 Tegal (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa Kelas VIII Tahun pelajaran 2009/2010).
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Perkembangan Emosi
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah " Bagaimanakah perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?, Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010? dan Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap tingkat perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dan Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap tingkat perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Besarnya populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 175 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini sebesar 40 siswa. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proporsional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket dan beberapa metode pendukung seperti wawancara dan dokumentasi. Dengan tujuan menjaring data agar data yang dikumpulkan benar-benar dapat dipercaya atau dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus product moment.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diajukan suatu hipotesis kerja ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan kelompok terhadap tingkat perkembangan emosi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian pada siswa kelas VIII dengan sampel 40 orang melalui angket.
Hasil penelitian menunjukkan Bentuk pelaksanaan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah dalam kategori baik dengan capaian nilai 97,5 % yaitu 39 orang dari siswa yang berjumlah 40, Tingkat perkembangan emosi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah dalam kategori tingkat perkembangan emosi yang baik dengan capaian nilai 65 % yaitu 26 orang dari siswa yang berjumlah 40 dan Dengan analisis korelasi dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap peningkatan tingkat perkembangan emosi siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010 rhitung = 0,769 > rtabel = 0,312). Sedangkan besarnya sumbangan (konstribusi) pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap tingkat perkembangan emosi siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal adalah rxy 0,7692 x 100 % = 59,14 % sedangkan sisanya sebesar 40,86% seperti pelaksanaan bimbingan pribadi, pelaksanaan konseling kelompok dan lainnya
BK09005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain