Skripsi
Pengaruh Konseling Perorangan Dengan Pendekatan Gestalt Terhadap Pembentukan Perilaku Disiplin Pada Siswa SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009
Nani Hastuti, 2009, Pengaruh Konseling Perorangan dengan Pendekatan Gestalt terhadap Pembentukan Perilaku Displin Pada Siswa SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2008 / 2009,Skripsi Bimbingan dan konseling, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.
Kata Kunci : Konseling Perorangan dengan Pendekatan Gestalt, Perilaku Disiplin Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah disiplin yang menjadi persoalan di SMP Negeri 3 Pemalang dan perlu mendapat perhatian oleh para guru terutama guru BK agar masalah tersebut mendapat layanan secara tepat dan benar melalui konseling. permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh konseling perorangan dengan pendekatan Gestalt terhadap pembentukan perilaku disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pemalang yang berjumlah 360 siswa, pengambilan sampel dengan tehnik random sampling berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas konseling perorangan dengan pendekatan gestalt dan variabel terikat pembentukan disiplin siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, interview, observasi dan dokumentasi.Sedangkan metode analisis datanya adalah korelasi produck moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung diperoleh 0,990 > 0,312 r tabel. Batas penolakan dengan ts 5%, data hasil penghitungan kemudian dikonsultasikan dengan r tabel, sehingga dapat dikatakan bahwa r hitung diperoleh mencapai 0,990 dan r tabel batas penolakan dengan taraf signifikan 5% 0,312, kemudian dikonsultasikan dengan r tabel ternyata diperoleh r hitung = 0,990 > r tabel = 0,312 Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penghitungan data hasil penelitian signifikan dengan dibuktikan Hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara layanan konseling perorangan dengan pendekatan gestalt dengan pembentukan perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pemalang diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Pemberian Layanan Konseling Perorangan dengan Pendekatan Gestalt dikategorikan dalam rentangan baik sekali hal ini terbukti bahwa angka ketercapaian penghitungan prosentase paling tinggi = 57,5 % dari kriterium. Tentang pembentukan perilaku disiplin siswa dikategorikan dalam rentangan baik sekali hal ini terbukti bahwa angka ketercapaian penghitungan prosentase paling tinggi dari kriterium = 55.5 %. Ini berarti dirasakan sudah baik sehingga dapat diindikasikan bahwa perilaku disiplin siswa baik.
Saran yang direkomendasikan memberikan sumbangan pemikiran mengenai pengaruh konseling perorangan dengan pendekatan Gestalt terhadap pembentukan perilaku disiplin siswa , sekolah diharapkan selalu memberikan bimbingan konseling kepada siswa agar siswa semakin disiplin dalam mematuhi tata tertib sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
BK09006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain