2,022. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa metode kebiasaan menulis buku harian cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar metode kebiasaan menulis buku harian dapat dijadikan alternatif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa SMP." />
Skripsi
Kebiasaan Menulis Buku Harian sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dalam Menuangkan Daya Imajinatif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009
YULIATUN. 2009. NPM : 1505500510, 2009. "Kebiasaan Menulis Buku Harian sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dalam Menuangkan Daya Imajinatif pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009". Pembimbing I : Drs. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. dan Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M. Pd.
Kata Kunci : karangan narasi, buku harian, daya imajinatif
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran berbahasa di samping keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Namun, kenyataan yang ada di lapangan kemampuan menulis siswa masih kurang. Kekurangmampuan siswa dalam menulis terbukti dari kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang efektif yang menyebabkan siswa merasa bosan untuk menulis. Upaya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi ini menggunakan metode pembelajaran berbahasa dengan metode kebiasaan menulis buku harian. Metode ini menekankan pada penuangan hasil imajinasi siswa ke dalam bentuk tulisan dan mengkomunikasikan perolehan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dapat meningkat.
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode kebiasaan menulis buku harian kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk menguji keberhasilan pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode kebiasaan menulis buku harian.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal yang terdiri atas lima kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Tegal, yang berjumlah 39 siswa. Untuk penentuan sampelnya digunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel sederhana dimana setiap sampling unit terdiri dari kumpulan atau kelompok elemen
Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode eksperimen. Untuk pengolahan data menggunakan analisis statistik dengan teknik t-tes . Dari hasil perhitungan statistik, diperoleh nilai t sebesar 6,33 pada siklus I dan pada siklus II diperoleh nilai t sebesar 14,46. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % dan derajat kebebasan 38 menunjukkan angka dalam t tabel sebesar 2,022 dengan demikian 6,33 dan 14,46 > 2,022.
Simpulan yang diperoleh adalah bahwa metode kebiasaan menulis buku harian cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar metode kebiasaan menulis buku harian dapat dijadikan alternatif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa SMP.
PBSID09044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain