Skripsi
Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Semester II SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
RAHMAWATI, DIAH. 2009. Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Semester II SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi.Fakultas Keguruan dan IImu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Student Teams Achievement Division), Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil belajar mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mamapu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan keaktifan dalam belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.2 semester II SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) sedangkan pada kelompok kedua sebagai kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode test sebagai metode utama untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis yang diajarkan mengggunakan analisis data t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan kelompok yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, hal ini dapat dilihat dari perolehan dengan taraf signifikansi 1% dengan hasilnya bahwa t hitung = 3,801 sedangkan t table = 2,382 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. (2) Hasil belajar kelompok yang menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) lebih efektif dari pada hasil belajar kelompok yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Untuk itu disarankan pengunaan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) diharapkan dapat diterapkan di sekolah sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PE09014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain