Skripsi
The Effect of Grammar Mastery to the Achievement of Writing Ability in the Sixth Semester Students of English Education Department of Teacher Training and Education Faculty of Pancasakti University in Academic Year 2008-2009
SURATMINI. Pengaruh Penguasaan Grammar terhadap Prestasi Menulis Mahasiswa Semester VI Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Pancasakti Tegal Tahun Ajaran 2008-2009. Skripsi (2009) Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penguasaan grammar dan prestasi menulis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penguasaan grammar terhadap prestasi menulis mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal tahun ajaran 2008-2009.
Berdasarkan kajian teori, hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut : Ada pengaruh yang positif penguasaan grammar terhadap prestasi menulis mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal tahun ajaran 2008-2009.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal dengan jumlah 150 mahasiswa. Untuk mengumpulkan data, penulis mengambil 60 mahasiswa dari seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan sampel bertingkat. Seluruh populasi diberi tes grammar dan writing untuk mengklasifikasikan populasi ke dalam 2 kelompok. Hasil penelitian tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam 2 kategori. Pertama adalah kelompok yang memperoleh skor grammar tinggi, kedua adalah kelompok yang memperoleh skor rendah, penulis hanya mengambil 30 mahasiswa yang mendapatkan skor grammar tinggi dan 30 siswa yang mendapatkan skor grammar rendah sebagai sampel. Jadi sampel terdiri dari 2 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 30 mahasiswa.
Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus t-test untuk mengetahui perolehan dua kelompok. Penulis menggunakan rumus Product Moment untuk mengetahui apakah instrumen tersebut valid dan reliabel.
Pada taraf signifikan 1% dan dengan derajat kebebasan (dk) 58, dicapai t-tabel 2,660, sedangkan hasil t-hitung adalah 6,263. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,263> 2,660), maka ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa yang mempunyai penguasaan grammar yang baik dan mahasiswa yang mempunyai penguasaan grammar yang kurang baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa "Penguasaan grammar berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis".
PBI09024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain