Skripsi
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap prestasi dan minat belajar matematika (sebuah penelitian pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kramat Kec. Kramat Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
PURNO LAKSONO SAPUTRO. 2009. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika. (Sebuah Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar)". Skripsi. FKIP Universitas Pancasakti tegal.
Kata Kunci : Problem posing tipe post solution posing, prestasi, minat, Analisis multivariat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil prestasi dan minat belajar siswa serta apakah ada pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap prestasi dan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kramat sebanyak 400 siswa. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 40 siswa di SMP Negeri 2 Kramat dengan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis mulivariat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada peningkatan pasca penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing yang mana 77% siswa tuntas dari KKM dengan nilai minimal 71. Sedangkan dilihat dari minat belajar anak sendiri mencapai 82% (Kategori sangat tinggi) oleh karenannya ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan penggunaan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jika dihubungkan antara prestasi dan minat belajar matematika ternyata antara keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat dimana semakin besar minat anak terhadap matematika maka hasil prestasi belajar matematika semakin bagus. Begitu juga dengan hasil prestasi belajar matematika yang bagus dipengaruhi dengan adanya minat belajar yang tinggi.
PMTK09015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain