Skripsi
Efektivitas model Problem Posing tipe Pre Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar. (Suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
EKO ARIEF NURASTRIANTO. 2009. NPM: 1705500809. "Efektivitas model Problem Posing tipe Pre Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar. (Suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Problem Posing tipe Pre Solution Posing, hasil
belajar, bangun ruang sisi datar, anakova.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan yang signifikan pada efektivitas model pembelejaran problem posing tipe pre solution posing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 196 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Jumlah siswa kelompok kontrol sebanyak 38 siswa yang menggunakan model pembelejaran konvensional dan jumlah kelompok eksperimen sebanyak 38 siswa yang menggunakan model pembelejaran problem posing tipe pre solution posing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir (hasil belajar). Tes kemampuan awal terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dengan koefisien reliabilitas 0,763.
Hasil penelitian dengan anakova menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada efektivitas model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata skor tes hasil belajar kelompok eksperimen adalah ( = 72,237) lebih tinggi dari pada rata-rata skor tes hasil belajar kelompok kontrol ( = 71,711).
PMTK09016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain