2,670, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan kelompok belajar efektif dalam pengajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD." />
Skripsi
Efektifitas Penerapan Kelompok Belajar Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Siswa SDN II Pebatan Kelas V
YUSTINA TRI ANDRIANI : Efektifitas Penerapan Kelompok Belajar Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Siswa SDN II Pebatan Kelas V Suatu Penelitian Eksperimental Pada siswa Kelas V SD Negeri II Pebatan dan SD Negeri I Pebatan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008 / 2009. Skripsi. Tegal : Program Strata I, FKIP UPS Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan kelompok belajar efektif dalam pengajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : "Penerapan Kelompok Belajar efektif dalam pengajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD". .
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa - siswa kelas 5 semester II tahun pelajaran 2008 / 2009, SD Negeri II Pebatan dan SD Negeri I Pebatan Kabupaten Brebes yang berjumlah 85 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel 56 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 28 siswa, yaitu kelompok kontrol yang diajar tanpa penerapan kelompok belajar, sedangkan kelompok eksperimen yang diajar dengan penerapan kelompok belajar.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bahasa Inggris berbentuk pilihan ganda. Tes tersebut terdiri dari 30 soal, tiap butir soal mempunyai 4 pilihan.
Analisis data diuji dengan menggunakan uji - t untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau tidak. kelompok belajar.
Hasil penelitian data menunjukkan bahwa nilai rata - rata kelompok eksperimen ( kelompok I ) adalah 7,01 sedangkan nilai rata - rata kelompok pengendali ( kelompok II ) adalah 6,10. berdasarkan hasil perhitungan analisis data dengan uji-t menunjukkan 3,137 sedang t-tabel dengan taraf signifikansi 5 % ( 0,05 ) dan derajat kebebasan 54 adalah 2,670. karena t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 3,137 > 2,670, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan kelompok belajar efektif dalam pengajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD.
PBI09027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain