Skripsi
Efektivitas Brain Gym (Senam Otak) dalam Meningkatkan Kecerdasan Matematis Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 pada Pokok Bahasan Sudut)
IKA SUSILOWATI. 2009. Efektifitas Brain Gym(Senam Otak) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Matematis Siswa( Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 12 Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009 pada Pokok Bahasan Sudut). Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Brain Gym (Senam Otak), Kecerdasan Matematis.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas gerakan Brain Gym(Senam Otak) dalam meningkatkan kecerdasan matematis siswa dan seberapa efektifnya gerakan ini dalam meningkatkan kecerdasan matematis siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP N 12 Tegal tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 244 siswa terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dengan tekhnik cluster random sampling, terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dalam bentuk objektif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Dalam hipotesis, rumus uji-t dua pihak untuk menentukan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diberi perlakuan Brain Gym(senam otak) dengan siswa yang tidak diberi perlakuan Brain Gym (Senam Otak). Sedangkan uji-t pihak kanan untuk mengetahui efektif tidaknya perlakuan Brain Gym(Senam Otak).
Berdasarkan hasil penelitian, perlakuan Brain Gym (Senam Otak) cukup efektif dalam meningkatkan kecerdasan matematis siswa kelas VII semester II SMP N 12 Tegal tahun pelajaran 2008/2009 pada pokok bahasan sudut. Hal ini dilihat dari ada perbedaan hasil prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan brain gym dengan siswa yang tidak diberi perlakuan brain gym(senam otak). Prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan brain gym(senam otak) lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan brain gym (senam otak) dengan prosentase sebesar 49%.
PMTK09018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain