Skripsi
STUDI DESKRIPTIF TENTANG HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TARUB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TAHUN PELAJARAN 2008/2009
IMAM GHOZALI : Studi Deskriptif Tentang Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh siswa SMP kelasVII SMP Negeri 2 Tarub dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2008-2009. Skripsi. Program strata 1, Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa yang dihadapi oleh siswa SMP kelas VII dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Berdasarkan pada teori belajar dan teori pengajaran bahwa proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor antaralain adalah faktor minat, faktor motivasi, faktor guru dan faktor lingkungan seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Tarub kelas VII Tahun pelajaran 2008-2009 sebanyak 264 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII yang mendapatkan nilai 5,0 ke bawah secara acak atau purposive random sampling sebanyak 60 siswa.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket. Angket ini diberikan kepada siswa secara langsung dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan sebanyak 20 butir soal pertanyaan.
Dari perhitungan presentase nilai angket bahwa hambatan yang dihadapi oleh siswa SMP kelas VII dalam mempelajari bahasa inggris dipengaruhi oleh faktor minat sebanyak49.5%, faktor motivasi sebanyak 61.84%, faktor guru sebanyak47.5%, dan faktor lingkungan sebanyak 47.39%, yang semuanya itu rata-rata termasuk kategori cukup. Hal ini juga dapat dilihat melalui nilai tes semester 2 dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah rendah dengan nilai 5,0 ke bawah.
Dengan demikian dapat disimpulkan : bahwa hambatan-hambatan yang dihadapi oleh siswa SMP kelas VII dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya faktor minat, faktor motivasi, faktor guru, faktor lingkungan .
PBI09029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain