ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti." />
Skripsi
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) pada Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2008/2009
WAHYU WIDIYANARTI, 2009, Skripsi. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) pada Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, IPS Ekonomi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan tahun pelajaran 2008/2009?"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa: Model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2008/2009.
Sampel penelitian ini adalah 1) 42 siswa kelas VIII C semester 2 SMP Negeri 2 Pekalongan tahun pelajaran 2008/2009 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD; 2) 42 siswa kelas VIII D semester 2 SMP Negeri 2 Pekalongan tahun pelajaran 2008/2009 yang tidak diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pekalongan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD dengan nilai rata-rata 81,71 termasuk dalam kategori baik sekali; 2) Hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Pekalongan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD dengan nilai rata-rata 74,95 termasuk dalam kategori baik; 3) Hasil belajar siswa IPS Ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan; 4) Hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 4,219 sedangkan harga ttabel untuk dk (42 - 1) = 41 taraf signifikansi 1% diperoleh harga sebesar 2,704. Hasilnya thitung sebesar 4,219 lebih besar dari 2,704 atau thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti.
PE09019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain