Skripsi
PERBANDINGAN ANTARA METODE KONTEKSTUAL TIPE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 01 BULAKAMBA KAB. BREBES
JAYANTI IRMA PURWITASARI, NPM 1305500221, "Perbandingan antara Metode Kontekstual Tipe CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Metode Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 01 Bulakamba Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009". Pembimbing I: Dr. H. Basukiyatno, M.pd, Pembimbing II: Dra. Daliyati SE. Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan tahun 2009.
Kata Kunci: Perbandingan Metode CTL dan Metode TGT
Permasalahan ini adalah "Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode kontekstual tipe CTL dengan metode kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2008/2009?
Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode kontekstual tipe CTL dengan metode kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut diajukan jawaban sementara yaitu ada perbedaan tingkat prestasi belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode kontekstual tipe TGT dengan yang diajar menggunakan metode kooperatif tipe TGT . Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Guna membuktikan membuktikan hipotesis tersebut dilakukan penelitian terhadap sampel siswa sebanyak 74 siswa sebagai responden, 37 siswa kelompok eksperimen dan 37 siswa kelompok kontrol.
Berdasarkan dari hasil analisis yang menggunakan perhitungan uji t dapat bahwa t hitung sebesar 3,00 yang ada pada daerah penolakan Ho untuk untuk taraf signifikan 1% dan dk 68 diperoleh t table sebesar 2,382, karena t hitung lebih besar dibandingkan t table maka terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 79,49 dan kelas kontrol sebesar 73,24.
Keberhasilan prestasi belajar yang dicapai siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL lebih baik dari pada siswa yang tidak diajarkan menggunakan metode pembelajaran tipe CTL(metode kooperatif tipe TGT) menunjukan betapa besar manfaat penggunaan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL.
Saran: Hendaknya para guru tidak henti-hentinya memberikan motivasi belajar, karena prestasi belajar yang baik merupakan dambaan siswa dan hendaknya jangan merasa puas terhadap prestasi belajar yang diperoleh saat ini, karena masih perlu ditingkatkan agar prestasi belajar yang diperoleh saat ini akan lebih baik dimasa yang akan datang.
PE09020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain