Skripsi
Korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Terpadu Mubarokul Ulum Penanggapan Banjarharjo Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009
KARWITI. 2009. Korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Terpadu Mubarokul Ulum Penanggapan Banjarharjo Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Prestasi belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis kerja yang akan diuji adalah apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan landasan teori dan hipotesis pada penelitian ini kemampuan berpikir kritis siswa SMP Terpadu Mubarokul Ulum Penanggapan Banjarharjo Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009 berkorelasi dengan prestasi belajar siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Terpadu Mubarokul Ulum Penanggapan Banjarharjo Brebes Tahun Ajaran 2008 / 2009 yang berjumlah 40 orang. Populasi tersebut sekaligus dijadikan sampel.
Analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis rhitung sebesar 0,928 sedangkan rtabel dengan taraf signifikan 1% untuk N = 40 adalah sebesar 0,403 sehingga rhitung lebih besar dari rtabel. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar dalam pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Terpadu Mubarokul Ulum Penanggapan Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS.
Akhirnya, penelitian ini menyarankan : sebagai guru harus bisa menerapkan metode-metode yang tepat pada pembelajaran sehingga dapat meningkatkkan prestasi belajar siswa, sebagai guru harus lebih mengkonkritkan materi dengan bantuan alat atau media sehingga siswa mampu membangun konsep dalam dirinya, sebagai siswa harus mampu berpikir kritis guna meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
PE09021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain