Skripsi
Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP N 2 Pangkah Tahun pelajaran 2008/2009
Kuswa Dewi, 2009. Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata kunci : Lingkungan Tempat Tinggal, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kondisi lingkungan tempat tinggal yang baik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009. (2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009. (3) mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 351 orang siswa yang terbagi dalam sembilan kelas, sedangkan yang dijadikan sampel sejumlah 45 orang siswa yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan pengamatan. Untuk menganalisis data digunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009. hal ini berdasarkan rumus korelasi product moment dengan hasil yang diperoleh rhitung sebesar 0,861 dan rtabel pada taraf signifikan 5% untuk sampel 45 siswa sebesar 0,294 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,375. Karena rhitung > rtabel maka hipotesis diterima.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan tempat tinggal mempunyai pengaruh yang besar terhadap nilai belajar siswa, untuk itu diharapkan kepada orang tua agar memberi perhatian yang maksimal kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.
Akhirnya penelitian ini menyarankan siswa diharapkan lebih bersungguh-sungguh dan serius dalam belajar IPS Ekonomi dan guru hendaknya menyampaikan materi mata pelajaran IPS Ekonomi seoptimal mungkin dalam rangka untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi.
PE09022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain