Skripsi
Studi Deskriptif Tengtang Kesalahan Siswa Dalam Aktifitas Terjemahan (Suatu Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Semester IV di Universitas Pancasakti Tegal)
Sugiati. 1605501301, Juli 2009. Studi Deskriptif Tentang Kesalahan Siswa Dalam Aktifitas Terjemahan Suatu Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pancasakti Tegal Angkatan 2008/2009. Pembimbingnya adalah : (1) Drs. J.C.S. Pradjarto, M.Pd. (2) H. Sumartono, S.Pd.
Kata Kunci : Kesalahan Terjemahan.
Judul skripsi ini adalah studi Deskriptif Tentang Kesalahan Siswa Dalam Aktifitas Terjemahan (Suatu Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Semester IV Universitas Pancasakti Tegal).
Populasi Penelitian adalah seluruh Mahasiswa PBI Semester IV yang terdiri dari 215 mahasiswa. 60 mahasiswa diambil secara acak dari populasi. Dengan menggunakan procedur proporsional random sampling penulis mengambil 60 siswa dari semester 4.
Dalam pengumpulan data 1 penulis menggunakan instrument tes tertulis menerjemahkan teks paragraf dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Penulis menganalisis hasil pembelajaran dengan menggunakan statistic analysis. Fungsi analisis ini adalah untuk menggambarkan hasil pembelajaran.
Hasil analisis menyatakan bahwa ada 100 kesalahan yang dapat diidentifikasikan dalam 4 group ; 1) Diksi 2) Grammar 3) Capitalization 4) Punctuation 5) Spelling. Kesalahan tertinggi dari Mahasiswa semester 4 Universitas Pancasakti Tegal yaitu kesalahan. Diksi (22) sedangkan kesalahan terendah menggunakan spelling (10)
Untuk meminimalisis kesalahan menulis dalam pengajaran menggunakan dan pembelajaran bahasa Inggris penulis memberli solusi kepada dosen bahasa Inggris dan mahasiswa UPS Tegal : 1) Dosen dapat membaca skripsi ini, sehingga dapat memperhatikan kesalahan-kesalahan siswa dan berusaha mencari solusinya. 2) Siswa seharusnya sering berlatih dalam menggunakan diksi dan tenses. 3) Dosen Bahasa Inggris UPS Tegal menjelaskan secara rinci kepada mahasiswa tentang penggunaan diksi dan tenses.
PBI09032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain