Skripsi
Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja di SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2008 / 2009
SITI SUNDARI, 2009, NPM : 1107500779. Judul Skripsi "Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja TerhadapPembentukan Kepribadian Remaja Kelas XI SMK PGRI Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci : Perananan Guru Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kepribadian Remaja.
Guru Bimbingan dan Konseling dapat memainkan peran dalam Pembentukan Kepribadian Remaja melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Merupakan tugas yang harus dilakukan sehingga siswa yang mampu mengembangkan dirinya di sekolah hal ini dapat terbentuk bila dilakukan secara tepat dan remaja.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada perananan Guru Bimbingan Konseling dalam pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja Kelas XI SMK PGRI". Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja Kelas XI SMK Taman Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu seluruh siswa kelas XI sejumlah 234 orang dan sampelnya adalah 50 orang. Variable penelitian terdiri dari variable Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Variabelterikat Pembentukan Kepribadian Remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuensioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus analisis korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung = 0,681, dan r table untuk N = 50 pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,279, yang berarti ada peran yang signifikan Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (X) dengan Pembentukan Kepribadian Remaja (Y). dengan demikian dapata dikatakan bahwa menolak Hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan "Tidak ada Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Kesehatan Reporduksi Remaja terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja Kelas XI SMK PGRI Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009", dan menerima Hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "Ada Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja Kelas XI SMK PGRI Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah meningkatkan peran guru Bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian siswa lewat melibatkan diri dalam kegiatan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja, pada siswa menyadari bahwa dengan mengikuti Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja tentunya akan berdampak positif dalam membentuk pribadi dan karakter yang yang tangguh, tanggap dan mandiri.
BK09010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain