Skripsi
PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN PRODUK TABUNGAN SHAR-E TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk. UNIT PELAYANAN SYARI'AH (UPS) TEGAL
MOHAMAD GHILMAN AQIL, JUDUL SKRIPSI PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN PRODUK TABUNGAN SHAR-E TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK MUALAMAT INDONESIA TBK. UNIT PELAYANAN SYARIAH (UPS) TEGAL, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. 2009.
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui pengaruh promosi yang terdiri dari periklanan dan promosi penjualan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Mualamat Indonesia Tbk. Unit Pelayanan Syariah Tegal.
Hipotesis yang diajukan adalah : Diduga bahwa promosi yang terdiri dari periklanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap peningkatan dan jumlah nasabah pada PT. Bank Mualamat Indonesia Tbk. Unit Pelayanan Syariah Tegal.
Teknik pengumpulan data digunakan : Wawancara, Observasi, dan Studi Pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan : Koefesien korelasi, Korelasi berganda, Uji F, Koefisien Determinasi, Regresi Linier Berganda.
Hubungan antara biaya periklanan dengan jumlah nasabah memiliki hubungan yang positif dan sangat kuat antara variabel biaya periklanan dengan jumlah nasabah, ini ditunjukan dengan angka signifikansi yang diperoleh dari koefesien koreksi dengan thitung sebesar 4,501 dan ttabel sebesar 3,182 (4,501 > 3,182), Hubungan antara biaya biaya promosi penjualan dengan jumlah nasabah memiliki hubungan yang positif dan sangat kuat antara variabel biaya periklanan dengan jumlah nasabah, ini ditunjukan dengan angka signifikansi yang diperoleh dari koefesien koreksi dengan thitung sebesar 3,908 dan ttabel sebesar 3,182 (3,908 > 3,182), Uji F untuk mengetahui apakah variabel hubungan biaya periklanan dan biaya promosi penjualan dengan jumlah nasabah diperoleh fhitung sebesar 8,109 dan ftabel sebesar 5,79 (8,109 > 5,79), sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap peningkatan jumlah nasabah, koefisien determinasi menunjukan angka 89,1 % yang artinya 89,1 % kenaikan biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap peningkatan jumlah nasabah dapat dijelaskan melalui hubungan antara variabel biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap peningkatan jumlah nasabah, sedangkan 10,9 % oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Analisis regresi linier diperoleh Intercept atau konstanta sebesar -7,39. Tanpa biaya periklanan dan biaya promosi penjualan maka jumlah nasabah akan diperkirakan menurun sebesar -7,39. Apabila biaya periklanan tetap maka setiap penambahan Rp.1,000, maka jumlah nasabah akan meningkat sebesar 0,704 dan apabila biaya promosi tetap maka setiap penambahan Rp.1,000 biaya periklanan akan mengakibatkan meningkatkan jumlah nasabah sebesar 0,0534.
MP09023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain