Skripsi
MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN MONTESSORI PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B (SETARA SMP) PKBM PELITA BANGSA KECAMATAN BULAKAMBA, KABUPATEN BREBES
SUGIARTO EDI : Meningkatkan Kreativitas Dalam Belajar Pelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Montessori Pada Warga Belajar Kejar Paket B (Setara SMP) PKBM Pelita Bangsa Kecamaatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. (2009). Skripsi. Tegal. Program Strata I FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Kreativitas, Prestasi Belajar, Pendekatan Montessori
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga belajar dalam belajar pelajaran ekonomi dan prestasi belajar pelajaran ekonomi sampai 75% melalui pendekatan Montessori. Tutor pelajaran ekonomi bekerjasama dengan peneliti bertindak sebagai subjek yang memberi tindakan kelas sedangkan warga belajar kelas VII Kejar Paket B (setara SMP) PKBM Pelita Bangsa Kecamatan Bulakamba yang berjumlah 23 warga belajar sebagai objek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan melalu 3 putaran dimana setiap putaran dilakukan pengamatan dan penelitian terhadap objek penelitian dan memberikan hasil berupa peningkatan kreativitas warga belajar dalam belajar pelajaran ekonomi yaitu: pada putaran I jumlah warga belajar yang kreatif memberikan ide atau gagasan sebanyak 4 warga belajar (17,4%), warga belajar yang kreatif menggunakan alat peraga sebanyak 7 warga belajar (30,4%). Pada putaran II jumlah warga belajar yang kreatif memberikan ide atau gagasan sebanyak 12 warga belajar (52,2%) dan warga belajar yang kreatif menggunakan alat peraga sebanyak 14 warga belajar (60,8%). Pada putaran III jumlah warga belajar yang kreatif memberikan ide atau gagasan sebanyak 18 warga belajar (78,3%) dan warga belajar yang kreatif menggunakan alat peraga sebanyak 19 warga belajar (82,6%). Penilaian peningkatan prestasi belajar pelajaran ekonomi dilakukan dengan memberikan tes soal disetiap putaran. Pada putaran I warga belajar yang mempunyai nilai batas tuntas atau lebih sebanyak 7 warga belajar (30,4%), pada putaran II jumlah warga belajar yang memiliki nilai batas tuntas atau lebih sebanyak 11 warga belajar (47,8%) dan pada putaran III jumlah warga belajar yang memiliki nilai batas tuntas atau lebih meningkat menjadi 20 warga belajar (86,9%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Montessori dalam pembelajaran pelajaran ekonomi dapat meningkatkan kreativitas warga belajar dan prestasi belajar pelajaran ekonomi sampai 75%.
PE09023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain