Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPD) Ditinjau dari IQ Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika
INDAH IRYANTI. 2009. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPD) Ditinjau dari IQ Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Think-Pair-Share, IQ, Prestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2008/2009 antara yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, mengetahui bahwa tingkat IQ mempengaruhi prestasi belajar matematika, dan mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari IQ dalam proses belajar mengajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 178 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil sejumlah 130 siswa dengan teknik cluster random sampling, 65 siswa untuk kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Thing-Pair-Share). Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua arah, kemudian dilanjutkan dengan pengujian berikutnya dengan metode Beforoni untuk mengetahui perbedaan dari interaksi yang terjadi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dari pada yang diajar yang dengan model pembelajaran konvensional, tingkat IQ mempengaruhi tingkat belajar matematika dan Prestasi belajar siswa yang menggunakan model belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbeda dan lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari IQ pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
PMTK09020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain