t tabel (2,03) pada taraf signifikansi 5% yang dapat disimpulkan hipotesis dapat diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan model pengajaran Corrective Learning terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tegal. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pengajaran siswa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar matematika." />
Skripsi
Efektifitas Model Pengajaran Corrective Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
HADI WARDANA, 2009, Efektivitas Model Pengajaran Corrective Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung " Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tegal ", Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan nodel pengajaran Crrective Learning terhadap prestasi belajar matematika, dan juga untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbedan model pengajaran Corrective Learning terhadap prestasi belajar matematika.
Hipotesis yang diajukan yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan model pengajaran Corrective Learning terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun pelajaran 2008/2009.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik dokumentasi dan Tes dengan sampel sebanyak 76 siswa yang diambil dari kelas IX C dan IX E dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Kelas IX C sebagai kelompok eksperimen dan IX E sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Uji Prasyarat yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan Uji t tabel.Dari hasil penelitian menunjukan berdasarkan Uji-t terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal ini berdasarkan asumsi dari hasil rata-rata kelompok eksperimen adalah 7,168 dan rata kelompok control adalah sebesar 6,355 sehingga terdapat selisih nilai rata-rata sebesar 0,813. Serta didapatkan nilai t hitung (2,41) > t tabel (2,03) pada taraf signifikansi 5% yang dapat disimpulkan hipotesis dapat diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan model pengajaran Corrective Learning terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tegal.
Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pengajaran siswa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar matematika.
PMTK09023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain