Skripsi
Pengaruh Pemahaman Bahasa dan Minat Belajar Anak terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 2 Jurusan Mekanik Otomotif dan Mekanik Industri SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009)
Jusan, Riduan. 2009. NPM : 1704500704. Pengaruh Pemahaman Bahasa dan Minat Belajar Anak terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 2 Jurusan Mekanik Otomotif dan Mekanik Industri SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci : Pemahaman Bahasa, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : "Adakah pengaruh pemahaman bahasa dan minat belajar anak terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika serta seberapa besar pengaruhnya ?". Mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman bahasa dan minat belajar anak terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika pada siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 109 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 79 orang sedangkan sisanya untuk subyek ujicoba instrumen sejumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Untuk memperoleh data yang diharapkan maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket, dokumentasi dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Dari analisis data menunjukkan bahwa pemahaman bahasa dan minat belajar anak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika. Besarnya pengaruh ini diapat dilihat pada persamaan garis regresi = 0,259X1 + 0,051X2 + 0,944, persamaan tersebut memprediksikan kenaikan sebesar 1 pada X1 dan X2 akan menambah kenaikan Y sebesar 0,310. Secara tidak langsung harga tersebut menunjukkan dalam pencapaian prestasi belajar matematika terutama pada pokok bahasan logika matematika akan lebih baik jika adanya pemahaman bahasa dan minat belajar anak yang baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman bahasa dan minat belajar anak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika. Dengan demikian hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan pemahaman bahasa dan minat belajar anak terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika diterima, baik secara teoritis pada bab II maupun empiris dari hasil penelitian ini. Penelitian ini mengambil populasi semua kelas X semester 2 SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009, sehingga kesimpulan yang diambil hanya berlaku pada populasi tersebut. Untuk generalisasi pada populasi lain masih memerlukan penelitian lagi dengan mengambil populasi yang lain yang mempunyai karakteristik yang sama.
PMTK09024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain