Skripsi
Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Ikhsaniyah Tegal Tahun Ajaran 2008/ 2009
ABDUL KHOLIK. N.P.M : 1105500721/ 2009. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas 11 di SMA Ikhsaniyah Tegal Tahun Ajaran 2008/ 2009.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat motivasi belajar, bagaimana prestasi belajar siswa dan apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI di SMA Ikhsaniyah Tegal Tahun Ajaran 2008/ 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, untuk mengetahui tentang prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI di SMA Ikhsaniyah Tegal tahun ajaran 2008/ 2009.
Besarnya populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 160 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini sebesar 40 siswa. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proposional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket sebagai metode pokok dan metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Dengan tujuan mengambil data agar data yang dikumpulkan benar-benar dapat dipercaya atau dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus analisis deskriptif prosentase dan rumus product moment.
Sebelum angket diberikan kepada subyek penelitian, terlebih dahulu di uji cobakan pada 20 siswa PGRL Slawi dengan hasil uji coba instrumen untuk reliabel variabel motivasi belajar adalah r11 = 0,867 > 0,468 maka angket motivasi belajar layak digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini. Sesui hasil analisis deskriptif diperoleh tingkat motivasi belajar siswa sangat kuat (81-100%) sebanyak 18 siswa, yang memiliki tingkat motivasi belajar kuat (61-80%) sebanyak 19 siswa dan yang memiliki tingkat motivasi belajar cukup kuat (41-60%) sebanyak 3 siswa, yang memiliki tingkat prestasi belajar sangat tinggi (15-16%) sebanyak 11 siswa, yang memiliki tingkat prestasi belajar tinggi (12-14%) sebanyak 23 siswa, yang memiliki tingkat prestasi belajar cukup tinggi (10-11%) sebanyak 4 siswa, yang memiliki tingkat prestasi belajar sedang (8-9%) sebanyak 2 siswa.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh adalah ada hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI di SMA Ikhsaniyah Tegal Tahun Ajaran 2008/ 2009. Hal ini ditunjukkan dengan r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% (0,512 > 0,312) dan taraf signifikan 1% (0,512 > 0,403). Dengan kontribusi mencapai 0,512 = 0,262144 x 100% = 26,2.
Adapun ketercapaian tujuan penelitian ini adalah agar siswa tahu akan pentingnya motivasi belajar yang dimiliki dan prestasi belajar yang dicapainya. Dari situlah siswa bisa menyadari bahwa motivasi belajar sangat mempengaruhi prestasi belajar yang diharapkan oleh siswa.
BK09011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain