Skripsi
Hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009
Maliha, 2009, NPM: 1205500610, Judul Skripsi: "Hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009"
Kata kunci: Pola asuh, pendidikan, belajar.
Permasalahan penelitian adalah "Apakah ada hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009 ?".
Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
Untuk menjawab permasalahan tersebut diajukan jawaban sementara atau hipotesis kerja (Ha) yaitu "Ada hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009".
Guna membuktikan hipotesis tersebut dilakukan penelitian terhadap sampel siswa kelas 5 sebanyak 24 siswa sebagai responden, alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan rumus Corelation Product Moment. Hasil perhitungan r-hitung diperoleh nilai -0,0, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan pada tabel nilai r- product moment taraf signifikansi 5% N= 24 r-table sebesar 0,404, ternyata r-hitung jauh lebih kecil daripada r-table.
Simpulannya adalah "Tidak ada hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 5 di SD Negeri Paguyangan 02 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009"".
Saran: Hendaknya Guru dan Orangtua selalu mengadakan silaturohim supaya dapat memberi umpan balik dalam memotivasi belajar siswa, agar anak dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.
PPKN09007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain