Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Peer Group terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
ISA, MUHAMMAD. 2009." Efektifitas model pembelajaran peer group terhadap prestasi belajar matematika materi pokok aritmatika sosial pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 11 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009". Skripsi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model peer group, prestasi belajar,aritmatika sosial.
Dalam dunia pendidikan sekarang ini, khususnya pada mata pelajaran matematika pengajara dituntut untuk mampu memberikan solusi dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan. Sehingga untuk dapat mencapai hal itu memerlukan sebuah model pembelajaran yang baik dan tepat, sehingga menghasilkan prestasi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui efektifitas model cooperative learning type peer group terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII semester I SMP N 1I Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMP Negeri 1I Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009. berjumlah 200 siswa,. Dalam penelitian ini variable bebasnya adalah model cooperative learning type peer group dengan model pembelajaran konvensional dan variable terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Data dalam penelitian ini meliputi ujian tengah semester I serta data tes prestasi belajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial .Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan pengumpulan datanya menggunaka metode dokumentasi, metode tes dan data observasi, data analisis tes prestasi dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, prestasi belajar matematika yang menggunakan model cooperative learning type peer group lebih baik dari pada yang diberi model pembelajaran konvensional.
Pembelajara yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu model cooperative learning typer peer group diharapkan dapat membuat perubahan yang positif dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Memberikan solusi dalam pengajaran matematika dikelas dan memberikan manfaat bagi siswa dan pengajar yang dituntut untuk memberikan hasil yang lebih baik.
PMTK09025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain