Skripsi
Pengembangan Model Pembelajaran Operasi Hitung Campuran Pecahan Berbasis Multimedia (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VI Semester Genap SD Negeri Gandasuli 01 Brebes Tahun Ajaran 2008/2009)
WENDY GUNAWAN, 1705500847, PMTK, FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Pengembangan Model Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan Berbasis Multimedia pada Siswa Kelas VI SD Negeri Gandasuli 01 Brebes. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Mei tahun pelajaran 2008/2009.
Kata kunci : Pembelajaran, Operasi Hitung Pecahan, Multimedia
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis multimedia serta membandingkan minat siswa khususnya SD kelas VI dalam belajar matematika antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester II SD Negeri Gandasuli 01 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sampel dalam penelitian ini juga seluruh siswa kelas VI semester II SD Negeri Gandasuli 01 Brebes yang berjumlah 32 siswa. Dalam mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh literatur tentang macromedia flash dan literatur lain yang membantu dalam pembuatan media pembelajaran serta memperoleh data yang berkaitan dengan objek penelitian yang berupa daftar nama dan no. absen siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui minat siswa dalam belajar matematika. Soal angket dalam bentuk objektif sebanyak 10 soal yang telah diuji validitas, dan reliabilitas. Setelah data terkumpul, Teknik analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Dalam hipotesis rumus uji-t dua pihak untuk menentukan ada tidaknya perbedaan minat belajar siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran operasi hitung campuran pecahan berbasis multimedia. Sedangkan uji-t pihak kanan untuk menentukan bahwa minat belajar siswa setelah diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia lebih baik dari pada minat belajar siswa sebelum siswa diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia.
Hasil dari pengembangan model pembelajaran berbasis multimedia ini berupa materi-materi pecahan biasa dan desimal yaitu penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, operasi hitung campuran pecahan, contoh animasi soal-soal latihan dan evaluasi. Media Pembelajaran ini diselesaikan dengan software Macromedia Flash MX dengan software pendukung Swish max 2005 dan Cool Edit Pro 2.0. Pengembangan model pembelajaran ini digunakan dengan baik pada siswa kelas VI SD Negeri Gandasuli 01 Brebes serta terbukti dapat meningkatkan minat siswa belajar matematika.
PMTK09026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain