2,024). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Metode Audiovisual memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan Metode Membaca dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan simpulan ada perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode audiovisual dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Membaca." />
Skripsi
Studi Komparatif antara Metode Audiovisual dengan Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas V SD Negeri Bulakwaru 02 Kecamatan Tarub. Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Bulakwaru 02 Tahun Pelajaran 2008/2009
ANI KURNIA KHAYATI. " Studi Komparatif antara Metode Audiovisual dengan Metode Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas V SD Negeri Bulakwaru 02 Kecamatan Tarub. Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Bulakwaru 02 Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Metode Audiovisual, Metode Membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Audiovisual dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Membaca.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut : Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan Metode Audiovisual dan Metode Membaca dan memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan Metode Membaca dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bulakwaru 02 Kecamatan Tarub yang berjumlah 72 siswa. Jumlah sample dari penelitian ini adalah 40 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pengendali. Setiap kelompok terdiri dari 20 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Audiovisual sebagai kelompok pertama dan kelompok pengendali adalah siswa yang diajar menggunakan Metode Membaca sebagai kelompok kedua.
Penulis menggunakan tes sebagai tes instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 80 menit. Jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A,B,C dan D. Untuk mengetahui reliabilitas dan validitas dari instrument, Penulis telah mengujicobakan instrument dengan memberikan tes tersebut kepada 20 siswa yang memiliki kemampuan sama dengan sample.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes bahasa Inggris dalam bentuk pilihan ganda. Analisa data penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. Berdasarkan dari hasil analisa data, diperoleh t-hitung adalah 2,788 pada taraf signifikasi 5 % dan derajat kebebasan (dk) 38, diperoleh t-tabel sebesar 2,024 yang berarti t-hitung lebih besar daripada t-tabel (2,788 > 2,024). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Metode Audiovisual memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan Metode Membaca dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar.
Berdasarkan simpulan ada perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode audiovisual dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Membaca.
PBI09036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain